• Manfaat Latihan Kelincahan

     

    Manfaat Latihan Kelincahan

     

    Kebanyakan dari Anda mungkin mendengar latihan kelincahan adalah latihan yang dilakukan hanya untuk atlet profesional. Namun ternyata, latihan kelincahan memiliki manfaat yang baik, bukan hanya untuk atlet tetapi juga untuk Anda

     

    Salah satu definisi kelincahan adalah kemampuan untuk bergerak, mengubah arah, dan memposisikan tubuh secara efektif saat berada di bawah kendali. Sementara itu tentu saja berkaitan dengan hampir setiap olahraga, deskripsi ini juga mencakup banyak pada kehidupan sehari-hari Anda. 

     

    Menjadi lincah tidak hanya meningkatkan kinerja atletik, hal ini juga dapat meningkatkan cara Anda bergerak sehari-hari. Jika Anda ingin meningkatkan keseimbangan Anda, membangun koneksi pikiran-tubuh Anda atau meningkatkan waktu pemulihan Anda, latihan kelincahan akan membawa Anda ke sana. Berikut daftar singkat tentang manfaat dari latihan kelincahan:

     

     

    • Membantu Anda dalam mencegah cedera

     

    Banyak cedera terjadi ketika tubuh jatuh tidak sejajar dalam gerakan pikiran, menarik otot-otot di punggung bawah Anda jika Anda mengangkat dari posisi yang tidak tepat, atau merobek ligamen di lutut jika Anda salah langkah. Latihan kelincahan meningkatkan keseimbangan, kontrol, dan fleksibilitas Anda. Sehingga memungkinkan tubuh Anda mempertahankan postur dan penyelarasan yang tepat selama pergerakan. Latihan kelincahan juga membantu tubuh Anda mempelajari penempatan tubuh yang benar, artinya area sensitif seperti bahu, punggung bagian bawah dan lutut dilindungi saat bergerak cepat. 

     

     

     

    • Meningkatkan koordinasi, fokus dan keseimbangan

     

    Latihan kelincahan mendorong tubuh Anda untuk mengembangkan keseimbangan di tengah-tengah gerakan yang dinamis, seperti halnya pesenam di atas balok. Berlatih berhenti dan mulai dengan cepat, koordinasi dan kecepatan tangan-mata membantu tubuh Anda bekerja secara keseluruhan. Ketika tubuh Anda bekerja secara sinkron, gerakan menjadi lebih lancar, untuk transisi yang mulus dan terkoordinasi. 

     

     

     

    • Meningkatkan waktu pemulihan

     

    Terkadang latihan yang intens dapat membuat Anda sakit otot dan menurunkan tingkat energi pada hari berikutnya. Tetapi semburan gerakan dalam latihan kelincahan, ketika dipraktikkan selama periode waktu yang berkelanjutan, membantu Anda membangun kekuatan dalam sistem muskuloskeletal, yang pada gilirannya dapat mempersingkat waktu pemulihan. 

     

     

     

    • Meningkatkan koneksi pikiran-tubuh

     

    Latihan kelincahan membantu membangun jalur di otak Anda untuk merespon cepat terhadap berbagai rangsangan. Pada awalnya, gerakan responsif akan tampak dipaksakan, tetapi saat Anda berlatih, hal ini akan menjadi lebih alami.

     

    Untuk mengembangkan kelincahan dalam diri seseorang; waktu, koordinasi, keseimbangan, perubahan arah, dan kelenturan perlu diperhatikan. 

     

    Kelincahan adalah keterampilan penting dalam sebagian besar olahraga, tetapi sedikit yang dilakukan secara langsung untuk mengembangkan kelincahan pada individu di luar olahraga.

     

    Jika Anda tertarik untuk melakukan latihan kelincahan, Anda bisa dengan mudah melakukannya di rumah. Selain itu, terdapat berbagai latihan kelincahan yang mudah untuk diikuti.

     


    Tags Tags : ,
  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :