• Beragam Buah Rendah Gula yang Cocok untuk Diet Rendah Karbo

    Beragam Buah Rendah Gula yang Cocok untuk Diet Rendah Karbo

    Sedang menjalani diet rendah karbo? Anda bisa mencoba beberapa buah sehat dengan kadar gula yang rendah. Kadar gula dalam buah-buahan tentunya tidak sama dengan satu dan lainnya. Ingat bahwa asupan gula yang Anda masukkan ke tubuh akan bergantung pada porsi buah yang dimakan. Misalnya, satu cangkir potongan semangka memang cenderung rendah gula, yakni kurang dari 10 gram. Namun, jika Anda mengonsumsinya 3-4 cangkir sekali makan, jumlah gulanya tentu juga meningkat. Semua buah tentunya mengandung nutrisi lain yang diperlukan tubuh, termasuk vitamin, mineral, dan serat. Namun, seperti anjuran pada umumnya dalam mengonsumsi makanan, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dengan bijak dan tak berlebihan. Berikut rekomendasi buah yang cocok buat Anda yang sedang diet rendah karbo.

    • Buah persik 

    Walau rasanya manis, buah persik juga cenderung mengandung kadar gula yang rendah. Satu buah persik berukuran sedang mengandung gula kurang dari 13 gram. Persik juga mengandung zat antioksidan seperti asam kafeat dan karotenoid, dua antioksidan yang dikaitkan dengan efek anti-kankernya

    • Jeruk

    Apabila satu porsi makan jeruk Anda hanya satu buah, maka buah populer ini juga dikategorikan sebagai buah rendah gula. Setiap satu buah jeruk berukuran sedang mengandung gula sekitar 12 gram, selain juga kaya dengan vitamin C.

    • Alpukat

    Buah alpukat cocok dijadikan snack sehat untuk diet rendah karbo. Alpukat merupakan salah satu buah rendah gula yang bisa rutin Anda konsumsi. Bahkan, satu buah alpukat mentah hanya mengandung gula sekitar 1 gram.

    • Lemon

    Perasan buah lemon juga sering ditambahkan untuk menyegarkan minuman maupun menambah cita rasa masakan. Buah sitrus ini juga menjadi salah satu buah yang rendah kadar gulanya. Untuk satu buah lemon, gula yang terkandung hanya berkisar hingga 1 hingga 2 gram. Jika mengambil perasan buah lemon, kulitnya jangan sampai Anda buang. Sebab, kulit lemon juga menawarkan banyak manfaat dan nutrisi, termasuk serat dan vitamin C.

    • Jambu biji

    Satu buah jambu biji memberikan gula hanya sekitar 4,9 gram sehingga buah ini juga dikategorikan sebagai buah rendah gula. Buah yang mudah dicari ini juga relatif tinggi dengan protein, kaya vitamin C, vitaminA, folat, dan menjadi sumber yang baik untuk kalium.

    Beragam buah yang tinggi gula 

    Beberapa buah mengandung gula yang tinggi dibanding yang lain. Beberapa di antaranya, yaitu:

    • Nanas: 16,3 gram gula untuk setiap satu cangkir potongan nanas
    • Pir: 17 gram gula untuk satu buah berukuran sedang
    • Pisang: 14,4 gram gula untuk satu buah berukuran sedang
    • Apel: 19 gram gula untuk satu buah berukuran sedang
    • Delima: 21 gram gula untuk satu buah berukuran sedang
    • Mangga: 22,5 gram untuk satu cangkir mangga yang dipotong-potong

    Beberapa buah mengandung kadar gula yang lebih rendah dibanding yang lain. Namun pada akhirnya, asupan gula tersebut juga akan dipengaruhi setiap sajian yang Anda konsumsi. Jadi, pilih lah buah yang cocok untuk diet karbo Anda dengan asupan yang sesuai.


    Tags Tags : ,
  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :