• Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Merusak Rambut

    Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Merusak Rambut

    Memiliki rambut bercabang tentu terasa tidak menyenangkan dan mengganggu. Rambut bercabang melambangkan kondisi rambut yang tidak sehat. Anda perlu memahami cara mengatasi rambut bercabang agar hal ini dapat dikendalikan dengan baik.

    Beberapa upaya untuk mengatasi rambut bercabang tidak berhasil dengan maksimal. Apabila Anda melakukan langkah yang salah, rambut malah akan semakin mengalami kerusakan. Karena itu, penting untuk memahami cara dan bahan-bahan alami apa saja yang tepat untuk kondisi rambut bercabang Anda.

    Cara mengatasi rambut bercabang

    Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut bercabang, seperti: 

    • Membakar dengan lilin

    Cara mengatasi rambut bercabang yang satu ini harus dilakukan dengan sangat berhati-hati. Anda memanfaatkan api dari lilin untuk mengurangi cabang pada rambut. Apabila Anda tidak berhati-hati, bisa-bisa rambut Anda terbakar. 

    Pertama-tama, ambillah sebagian rambut panaskan ujung rambut dengan lilin yang menyala. Ujung rambut Anda akan terbakar sesuai dengan panjang yang Anda inginkan. 

    Membakar ujung rambut bercabang bisa membantu untuk menyegel rambut agar tidak pecah kembali. Akan tetapi, ada beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan hal ini, karena menganggap pembakaran pada ujung rambut justru semakin merusak jaringan sel pada rambut. 

    • Memangkas rambut dengan gunting

    Apabila rambut bercabang terasa sangat mengganggu, Anda bisa mencoba menggunakan gunting untuk memangkas bagian-bagian ujung rambut yang bercabang. Langkah ini merupakan langkah paling mudah dan banyak dilakukan oleh perempuan yang terganggu dengan kondisi rambut bercabang. 

    Akan tetapi, pastikan Anda hanya memotong rambut pada ujung yang bercabang dan dalam jumlah sedikit. Terlalu banyak memotong rambut bisa membuat potongan rambut Anda malah tampak berantakan dan tak beraturan. 

    • Menggunakan masker rambut

    Masker rambut adalah salah satu metode yang cukup efektif untuk mengatasi rambut bercabang. Anda bisa menggunakan masker dari produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan tertentu. 

    Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk dijadikan sebagai masker rambut. Anda bisa menggunakan buah-buahan seperti pisang dan pepaya, atau menggunakan telur dan lidah buaya dan memanfaatkannya sebagai masker rambut alami. 

    • Menggunakan minyak alami

    Anda bisa memanfaatkan minyak-minyak dari bahan alami sebagai pelembab rambut. Minyak alami terbukti ampuh dalam memberikan kelembaban sehingga rambut menjadi sehat secara keseluruhan dan tidak bercabang. 

    Minyak alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut bercabang adalah minyak kelapa, minyak almond, minyak argan, dan masih banyak lagi. Pilihlah minyak yang paling mudah Anda dapatkan dan memiliki harga yang terjangkau. 

    • Mencegah rambut bercabang

    Dibandingkan dengan mengatasi rambut yang terlanjur bercabang, akan lebih baik jika Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi. Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti: 

    • Mengurangi intensitas mencuci rambut

    Sebaiknya, hindari mencuci rambut setiap hari. Apabila Anda ingin mencuci rambut setiap hari, hindari memakai shampo dan lebih banyak menggunakan conditioner. 

    • Menghindari styling rambut berlebihan

    Styling rambut memang banyak digemari karena memberikan tampilan rambut yang lebih menawan. Akan tetapi, menggunakan alat styling rambut secara berlebihan juga membuat rambut lebih mudah rusak. Tidak hanya itu, sering mewarnai rambut juga bisa membuat ujung rambut Anda menjadi bercabang.

    • Menggunakan shampo berbahan alami

    Sebaiknya, gunakan shampo dan conditioner yang mengandung bahan-bahan alami lebih banyak dengan bahan kimia. Kalau Anda mau, Anda juga bisa menggunakan bahan alami sepenuhnya sebagai pengganti shampo dan conditioner.

    Dengan mengetahui upaya pencegahan dan cara mengatasi rambut bercabang, Anda akan lebih mudah menghadapi ketidaknyamanan yang ditimbulkan dari rambut bercabang.


    Tags Tags :
  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :