• Beragam Manfaat Minum Teh Sereh yang Menyehatkan

    Selain beraroma sedap, teh sereh juga punya manfaat yang "lezat".

    Sereh adalah tanaman rempah asli Sri Lanka dan India Selatan, namun kini sudah banyak ditanam di banyak negara di dunia. Batang sereh umum dijumpai dijadikan sebagai salah satu bahan masakan makanan Asia. Banyak orang juga suka menjadikannya sebagai teh sereh. Ada 55 jenis spesies sereh, namun hanya varietas India Barat dan Timur yang cocok digunakan untuk memasak. Beberapa peneliti tertarik dalam mengetahui manfaat medis dan kesehatan dari meminum teh sereh. Artikel ini akan membahas manfaat kesehatan apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan meminum teh sereh. 

    Banyak orang percaya bahwa teh sereh memberikan beragam manfaat kesehatan yang penting untuk tubuh. Akan tetapi, belum banyak peneliti yang melakukan penelitian atau studi skala besar untuk membuktikan klaim manfaat kesehatan tersebut. Namun, sereh mengandung senyawa pelawan peradangan seperti asam chlorogenic, swertia saponin, dan isoorientin, yang mana dapat melawan peradangan, sebuah faktor utama penyakit jantung. Beberapa manfaat teh sereh yang mungkin bisa Anda dapatkan dengan meminumnya setiap hari di antaranya adalah:

    • Meredakan rasa cemas

    Banyak orang dapat merasa rileks setelah minum teh. Namun, teh sereh dapat memberikan sifat mengurangi kecemasan apabila dikonsumsi. Bahkan hanya mencium aroma sereh dapat membantu mereka yang memiliki masalah gangguan kecemasan. Meskipun banyak orang menghirup aroma minyak esensial sereh untuk mengatasi sereh dan kecemasan, para peneliti masih harus menemukan bukti untuk dapat mengonfirmasi klaim manfaat tersebut.

    • Menurunkan kolesterol

    Menurut sebuah artikel di Jurnal Teknologi dan Penelitian Farmasi Maju, mengonsumsi ekstrak sereh dapat menurunkan kolesterol pada hewan. Studi tersebut menyatakan bahwa reaksi yang dihasilkan sangat tergantung pada dosis yang diberikan. Hal ini berarti konsumsi sereh dalam jumlah yang banyak dapat menurunkan lebih banyak kolesterol.

    • Mencegah infeksi

    Hasil studi menunjukkan bahwa sereh memiliki kemampuan dalam mencegah infeksi. Misalnya saja, tanaman rempah ini dapat mengurangi terjadinya sariawan, infeksi jamur yang biasanya menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti mereka yang menderita HIV.

    • Meningkatkan kesehatan mulut

    Di banyak negara di mana sereh merupakan tanaman asli daerah tersebut, orang-orang akan mengunyah batang sereh untuk meningkatkan kesehatan mulut dan membuat mulut terasa bersih. Jurnal Kimia Makanan menerbitkan sebuah studi untuk mengonfirmasi penemuan ini. Para peneliti meneliti 12 jenis tanaman rempah dan menemukan bahwa ekstrak herbal sereh merupakan inhibitor pertumbuhan bakteri yang paling efektif dalam sampel laboratorium. Dalam penelitian tersebut, mereka menggunakan bakteri Streptococcus sanguinis, yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

    • Meredakan rasa sakit

    Menurut sebuah studi, sereh dapat menghambat rasa sakit. Hal ini berarti dengan meminum teh sereh, seseorang tidak akan merasakan rasa sakit.

    • Meningkatkan jumlah sel darah merah

    Hasil dari sebuah studi yang dilakukan di tahun 2015 menemukan bahwa meminum teh sereh setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin dan jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Guna mengonfirmasi hal ini, peneliti mengambil tes darah dari 105 subyek manusia pada awal studi, setelah 10 hari, dan 30 hari. Mereka menyimpulkan bahwa minum teh sereh dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah. 

    Teh sereh merupakan minuman lezat yang kaya akan manfaat kesehatan. Meskipun kebanyakan penelitian saat ini tentang teh sereh dilakukan dalam skala yang kecil atau berbasis laboratorium, hasil menunjukkan bahwa teh sereh dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut, menurunkan kolesterol, dan mengatasi perut kembung.


    Tags Tags : ,
  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :