• Penyakit Meniere Bisa Dideteksi Lewat Posturografi

    Pernahkah Anda mendengar suatu penyakit yang bernama penyakit Meniere? Penyakit Meniere adalah sebuah gangguan yang memengaruhi telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam in bertanggung jawab atas kemampuan mendengar dan keseimbangan seseorang. Penyakit Meniere ini menyebabkan vertigo, yaitu sebuah sensasi dunia terasa berputar. Kondisi ini juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan bunyi mendenging di telinga. Penyakit Meniere biasanya hanya akan memengaruhi satu bagian telinga saja. Dokter biasanya akan meminta beberapa jenis tes seperti tes pendengaran dan tes posturografi untuk mendiagnosa penyakit ini.

    Penyebab dan gejala penyakit Meniere

    Institut Nasional Tuna Rungu dan Gangguan Komunikasi Lain (NIDCD) memperkirakan terdapat lebih dari 600 ribu orang yang menderita penyakit Meniere di Amerika Serikat. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang-orang berusia 40 hingga 50 tahun. Penyakit Meniere merupakan sebuah penyakit yang kronis, namun perawatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu meringankan gejala yang ditimbulkan. Banyak orang yang telah mendapatkan diagnosa (dengan bantuan tes pendengaran dan tes posturografi) penyakit Meniere akan merasa gejala yang dirasakan menjadi ringan berkat perawatan dan pengobatan yang tepat.

    Penyebab penyakit ini masih belum diketahui. Namun, para ilmuwan percaya bahwa penyakit Meniere disebabkan karena perubahan cairan di tabung bagian dalam telinga. Selain itu, ilmuwan lain juga percaya bahwa penyakit autoimun, alergi, dan faktor genetik menjadi penyebab penyakit ini. Sementara itu, penyakit Meniere memiliki gejala umum seperti:

    ·       Vertigo, dengan durasi serangan bervariasi, mulai dari hitungan menit hingga 24 jam

    ·       Hilangnya kemampuan mendengar pada telinga yang terkena Meniere

    ·       Tinnitus, atau sensasi berdenging pada telinga yang terdampak

    ·       Aural fullness, rasa telinga seperti tersumbat atau penuh

    ·       Hilangnya keseimbangan

    ·       Pusing, mual, muntah, dan berkeringat yang disebabkan oleh vertigo parah

    Diagnosa penyakit Meniere

    Apabila Anda menderita penyakit Meniere, dokter akan meminta Anda untuk menjalani tes pendengaran dan keseimbangan. Pada tes pendengaran atau audiometry, tes ini digunakan untuk memastikan apakah Anda mengalami hilangnya pendengaran. Tes ini melibatkan penggunaan headphones, dan Anda akan diminta mendengar suara-suara dalam berbagai nada dan volume. Anda harus memberitahu teknisi ketika Anda dapat dan tidak dapat mendengar sebuah nada, sehingga teknisi dapat memastikan jika Anda mengalami kehilangan pendengaran.

    Tes yang berikutnya adalah tes keseimbangan. Tes ini dilakukan untuk menguji fungsi dari telinga bagian dalam. Orang-orang dengan penyakit Meniere akan memiliki respon keseimbangan yang berkurang di salah satu telinga mereka. Tes keseimbangan yang dilakukan adalah electronystagmography dan posturografi.

    Selain itu, ada pula tes lain untuk mendeteksi gangguan yang ada pada otak, seperti multiple sclerosis dan tumor otak. Kedua penyakit tersebut dapat menyebabkan penyakit Meniere. Dokter akan meminta Anda untuk melakukan tes MRI kepala dan CT scan cranial untuk mendeteksi adanya potensi gangguan kesehatan pada otak pasien.

    Setelah tes pendengaran, tes keseimbangan seperti posturografi, atau tes pemindaian CT dan MRI dilakukan dan dokter mampu menentukan bahwa kondisi Anda adalah penyakit Meniere, perawatan dapat segera dimulai. Penyakit Meniere adalah penyakit kronis yang tidak ada obatnya. Perawatan yang didapatkan hanya sebatas membantu meringankan gejala yang ditimbulkan, mulai dari penggunaan obat-obatan hingga operasi. Obat-obatan seperti anti mabuk dapat meringankan gejala vertigo, mual, dan muntah. Pada kasus kehilagan pendengaran, Anda akan diberi alat bantu dengar. Sementara itu, terapi fisik seperti latihan rehabilitasi vestibular dapat membantu mengatasi gejala vertigo.


    Tags Tags : ,
  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :