• Waspada! GERD Bisa Picu Muntah Busa

    Waspada! GERD Bisa Picu Muntah Busa

    Muntah adalah salah satu gejala adanya penyakit tertentu yang dialami oleh seseorang. Kondisi ini terjadi ketika isi lambung dipaksa keluar melalui mulut. Muntah adalah suatu gejala yang normal dan sering dialami oleh banyak orang. Namun, dalam kasus tertentu, muntah busa juga dapat terjadi. Biasanya, kondisi ini merujuk pada masalah pencernaan yang tidak disadari oleh penderita, seperti penyakit GERD.

    Muntah busa yang dialami oleh penderita, dapat berupa busa berwarna putih atau bening. Tidak perlu khawatir, pasalnya kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi. Warna busa yang keluar bersama dengan muntah dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Sebagai contoh, jika Anda sebelumnya mengonsumsi produk olahan susu, seperti es krim atau susu, kemungkinan besar warna muntah busa yang akan dikeluarkan cenderung berwarna putih. Namun, jika Anda tidak mengonsumsi apapun sebelum kondisi muntah menyerang, busa putih tersebut terbentuk dari penumpukan gas dalam perut.

    GERD bisa picu muntah busa

    GERD atau penyakit asam lambung naik adalah salah satu jenis masalah pencernaan yang sering ditemui. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik kembali melalui saluran penghubung antara mulut dengan perut (esofagus). 

    Penyebab GERD yang paling umum, yaitu melemahnya katup atau sfingter yang berada di dalam saluran kerongkongan bagian bawah. Dalam kondisi normal, katup tersebut sebenarnya akan menutup secara alami, setelah makanan yang dikonsumsi turun ke lambung. Namun, kondisi ini berbeda bagi penderita GERD yang mengalami pelemahan katup, sehingga asam lambung dapat dengan mudah naik kembali ke kerongkongan.

    Gejala GERD umumnya serupa dengan gangguan sistem pencernaan lain, seperti:

    • Rasa mengganjal pada tenggorokan.
    • Sakit ketika menelan.
    • Rasa asam di sekitar belakang mulut.
    • Adanya sensasi rasa perih dan terbakar di dada, yang kemungkinan besar akan terasa lebih parah setelah makan atau saat berbaring.

    Cara mencegah muntah busa yang dipicu GERD

    Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah muntah busa akibat GERD.

    • Kunyah makanan secara perlahan dan makan tidak terburu-buru

    Kebiasaan mengunyah Anda ternyata berpengaruh terhadap fungsi sistem pencernaan Anda. Mengunyah makanan secara perlahan hingga lumat dan lembut dapat mempermudah organ pencernaan Anda untuk mencerna dan mengolah makanan yang disantap. Sebaliknya, ketika Anda makan secara terburu-buru, Anda akan menelan lebih banyak udara tiap kali menyuap santapan. Udara tambah tersebut akan masuk ke dalam tubuh dan mengisi perut bersama asam lambung di usus Anda, sehingga memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini akan berujung pada kondisi muntah yang tidak dapat dihindari.

    • Makan dalam porsi lebih sedikit namun dalam frekuensi yang lebih sering

    Mencegah GERD kambuh dapat dilakukan dengan mengubah pola makan Anda dengan membiasakan diri untuk makan dengan porsi lebih sedikit, namun dalam frekuensi lebih sering. Makan dalam porsi besar akan meningkatkan risiko penderita GERD mengalami muntah busa.

    Anda dapat melatih pola makan 5-6 kali sehari dalam porsi lebih kecil. Dengan begitu, sistem pencernaan Anda dapat mengolah makanan secara optimal.

    • Batasi porsi makanan penyebab asam lambung

    Penderita GERD perlu untuk memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan, seperti makanan berlemak, makanan yang diproses dengan digoreng, makanan pedas, bawang-bawangan, buah jenis sitrus, cokelat, bahkan kafein atau soda, dan alkohol merupakan penyebab asam lambung naik. 


    Tags Tags : , ,
  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :