•  

    Food and Beverage Services - Beverages - Tutorialspoint

    Saat cuaca sedang panas, ada baiknya kamu untuk selalu minum air putih agar tetap terhidrasi. Para ahli merekomendasikan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas per harinya. Namun, sebenarnya ada alternatif air putih yang bisa kamu minum agar tetap terhidrasi loh.

    Berikut ini daftar minuman alternatif air putih yang bisa kamu minum agar tetap terhidrasi:

    1. Teh dan Kopi

    Teh atau kopi dapat menjadi alternatif asupan cairan tubuh, tapi asupannya harus dibatasi. Sampai takaran tertentu, teh dan kopi yang mengandung kafein tidak menyebabkan dehidrasi. Batasi asupan kafein tidak lebih dari 400 mg per hari atau sekitar 3 cangkir kopi hitam atau 4 cangkir teh hitam per hari.  Batasi penggunaan gula pada minuman teh dan kopi Anda. Kopi dan teh juga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. 

    2. Kuah Sup

    Kuah sup bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan serta nutrisi bagi tubuh. Buatlah kuah sup dari kaldu agar dapat mengatur jumlah sodium yang digunakan. Kaldu dari tulang ayam mengandung nutrisi yang kaya sehingga selain memenuhi kebutuhan cairan, kamu juga mendapatkan nutrisi tambahan. Hindari kaldu kalengan karena cenderung mengandung banyak garam.

    3. Minuman Ringan

    Sesekali waktu, kamu bisa menggunakan minuman ringan sebagai sumber asupan cairan bagi tubuh. Sebenarnya opsi ini tidak disarankan karena mengandung kalori dan gula yang tinggi serta rendah nutrisi. Namun, minuman ringan dapat sesekali dipilih sebagai alternatif asupan cairan tubuh.  Perlu dicatat bahwa beberapa minuman ringan bersoda seperti cola juga dapat mengandung kafein, demikian juga dengan minuman ringan yang berlabel “diet”. 

    4. Susu Rendah Lemak

    Susu dapat dijadikan alternatif air putih. Susu putih atau susu kedelai, atau alternatif lainnya bisa dijadikan alternatif dari air putih. Konsumsi 500ml sebagai bagian dari asupan cairan harian Anda.

    5. Jus Buah atau Sayuran

    Jus buah dan sayuran dapat dijadikan sumber asupan cairan bagi tubuh. Jus buah dan sayuran mengandung kalori yang tinggi dan rendah serat karena hilang saat buah dan sayuran tersebut melalui proses jus. Jangan tambahkan banyak gula dan pilih jus yang mengandung 100% buah atau sayuran tanpa campuran lainnya agar nutrisi yang didapat tetap maksimal, 125ml jus sama dengan satu porsi buah dan sayuran. 

    6. Air Kelapa

    Kandungan dalam air kelapa membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh.  Air kelapa mengandung mineral dan vitamin berupa elektrolit untuk membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh. Air kelapa cocok dijadikan alternatif asupan air lainnya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi terutama setelah olahraga. 

    7. Buah Beku

    Konsumsi buah beku dapat menjadi salah satu alternatif memenuhi asupan cairan tubuh. Jika bosan dengan cara memenuhi asupan cairan yang itu-itu saja, mengonsumsi buah yang dibekukan bisa jadi cara yang menyenangkan sekaligus menyegarkan. Penuhi cetakan es krim dengan berbagai macam campuran buah dan air lalu bekukan di kulkas. Setelah satu jam, keluarkan dan nikmati kesegaran buah-buahan sembari memenuhi asupan cairan.

    Selain beberapa hal di atas, masih ada lagi jenis-jenis yang bisa jadi alternatif air putih agar kamu tetap terhidrasi. Beberapa di antaranya ialah campuran rempah dan yoghurt. Minuman ini kaya bakteri baik(probiotik), antioksidan dan elektrolit yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan juga melindungi Anda dari dehidrasi.


    votre commentaire
  • Ketahui Cara Menangani Gigi Patah - Alodokter

    Fraktur gigi merupakan sebuah kondisi yang umum terjadi. Fraktur gigi sendiri adalah patah atau retak pada cangkang keras gigi Anda. 

    Mengunyah makanan keras atau tidak sengaja menggigit benda keras dapat menyebabkan fraktur gigi. Gigi Anda juga dapat patah dengan pukulan di wajah yang dapat terjadi dengan kecelakaan mobil atau acara olahraga.

    Fraktur gigi lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua karena kekuatan gigi Anda berkurang seiring waktu dan usia. Faktor lain yang dapat meningkatkan kemungkinan patah gigi adalah:

    - Gigi dengan kerusakan gigi saat ini atau kebusukan

    - Gigi yang telah direstorasi dengan paduan perak

    - Mengunyah makanan keras seperti permen keras atau es

    - Olahraga tabrakan seperti hoki dan sepak bola

    - Gigi yang terpapar suhu ekstrem dalam periode waktu singkat

    - Menggertak gigi dan rahang mengepal

    Terdapat beberapa jenis fraktur gigi dan tidak semua menyebabkan gejala. Fraktur gigi lainnya dapat menyebabkan pulpa sensitif terhadap cairan, makanan, dan bakteri di mulut. Fraktur gigi dapat memiliki tingkat keparahan mulai dari gangguan ringan hingga masalah besar tergantung pada lokasi, penyebab, dan tingkat keparahannya. 

    Sebenarnya, fraktur gigi tidak sepenuhnya dapat dicegah. Namun, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk membuat gigi Anda lebih rentan terhadap retak. Berikut yang perlu Anda ketahui untuk mencegah terjadinya fraktur gigi:

    - Pahami komposisi gigi Anda

    Gigi Anda terdiri dari berbagai lapisan yang mendukung fungsi keseluruhan gigi Anda.  Lapisan terluar gigi Anda disebut enamel.  Lapisan ini lebih keras daripada tulang dan berfungsi melindungi gigi Anda. Jika Anda mengalami fraktur pada enamel salah satu gigi Anda, itu akan membuat gigi Anda rentan terhadap masalah yang lebih agresif.

    - Pertahankan kekuatan enamel Anda

    Terdapat berbagai hal berbeda yang dapat melemahkan enamel gigi Anda.  Minuman dan makanan yang bersifat asam dan / atau manis, seperti soda, dapat merusak enamel. Demikian juga, kebiasaan seperti menggertak gigi dapat secara signifikan melemahkan enamel gigi Anda. 

    - Kunyah makanan Anda dengan hati-hati

    Anda mungkin terkejut mendapati bahwa mulut Anda dapat mengerahkan hingga 200 pon tekanan setiap kali Anda menggigit.  Untuk menghindari kerusakan pada gigi Anda, pastikan untuk mengunyah dengan hati-hati setiap kali Anda makan. Selain itu, hindari menggigit atau mengunyah benda-benda keras yang bukan makanan seperti pensil atau pena.

    - Beritahu dokter gigi Anda tentang masalah pada gigi

    Seperti kebanyakan penyakit fisik, intervensi dini meningkatkan peluang untuk pengobatan yang efektif dengan pendekatan yang paling minimal. Jadi, penting bagi Anda untuk memberi tahu dokter gigi Anda tentang masalah apapun yang Anda miliki dengan gigi Anda untuk mengeksplorasi opsi perawatan yang memungkinkan.

    Fraktur gigi tidak jarang terjadi; Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya. Ikuti langkah-langkah di atas untuk merawat gigi Anda dan melakukan yang terbaik untuk menghindari masalah dengan gigi yang retak.


    votre commentaire
  • Epilepsi Sebaiknya Diobati dengan Lesionektomi atau Metode Alternatif?

    Penyakit epilepsi atau ayan adalah gangguan sistem saraf pusat akibat pola aktivitas listrik otak yang tidak normal. Hal itu menimbulkan keluhan kejang, sensasi dan perilaku yang tidak biasa, hingga hilang kesadaran. Epilepsi bisa terjadi pada semua usia, baik wanita atau pria. Jika sudah parah, untuk mengatasinya dibutuhkan “operasi otak” atau biasa disebut lesionektomi.

    Diagnosis untuk kondisi medis ini diawali oleh pemeriksaan fisik, terutama kondisi saraf pasien, serta serangkaian tes untuk memastikan kondisi yang abnormal pada otak. Setelah epilepsi terdiagnosis, penting untuk memulai pengobatan secepatnya.  

    Sebenarnya, epilepsi juga dapat diatasi dengan beragam pengobatan alternatif. Namun, manakah prosedur yang paling ampuh untuk mengatasi masalah ini?

     

    ·       Penanganan Epilepsi dengan Tindakan Pembedahan Lesionektomi

    Lesionektomi dapat menjadi pilihan untuk penderita epilepsi terkait dengan lesi yang ditentukan dengan kejang dan resistan terhadap obat. Pasalnya, kondisi ini mengharuskan menghapus lesi dan jaringan di sekitarnya.

    Kendati lesionektomi merupakan tindakan yang akan membuang beberapa bagian di otak, tetapi prosedur ini tidak akan menyebabkan kerusakan pada area otak yang bertanggung jawab untuk fungsi vital, seperti gerakan, sensasi, bahasa, dan memori.

    Pembedahan epilepsi dapat mengatasi kejang pada sekitar dua pertiga pasien dengan epilepsi lobus temporalis mesial dan pada sekitar setengah individu dengan penyebab epilepsi fokal lainnya. Selain itu, kebebasan kejang lain dilaporkan lebih sering terjadi pada beberapa jenis lesi seperti malformasi vaskular dan tumor glioneuronal daripada yang lain seperti glioma.

     

    ·       Perawatan Epilepsi  Secara Alternatif

    Pengobatan epilepsi secara alternatif ini ada banyak cara dan teknisnya. Beberapa di antaranya berkaitan dengan pola hidup dan kebiasaan seseorang. Berikut ini beberapa hal yang dapat dijadikan alternatif lesioktomi untuk menyembuhkan epilepsi:

    -      Diet

    Diet adalah salah satu bentuk perawatan paling awal untuk epilepsi dan digunakan dengan variasi kontemporer untuk memudahkan anak-anak dan orang dewasa. Diet ketogenik adalah diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat yang telah berhasil mengurangi kejang pada anak-anak yang tidak dapat mentolerir atau mendapatkan efek yang bagus dari obat anti-epilepsi.

    Diet ini memerlukan komitmen dan pemantauan yang luas. Selain itu, diet atkins juga dapat menjadi pilihan karena diet ini tinggi protein dan juga rendah karbohidrat dan telah menunjukkan efek positif untuk mengurangi kecenderungan kejang atau epilepsi.

    -      Perawatan Herbal

    Perawatan herbal telah digunakan oleh 80 persen populasi dunia untuk mengobati hampir segala jenis penyakit. Beberapa tumbuhan seperti chamomile, passionflower, dan valerian dapat membuat perawatan epilepsi lebih efektif dan menenangkan.  

    Namun, beberapa tumbuhan seperti ginkgo, ginseng, dan rempah-rempah yang mengandung kafein dan efedrin malah dapat memperburuk kejang. Jadi tetap hati-hati dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

    -      Vitamin

    Kadar vitamin B6 yang rendah diketahui dapat menjadi pemicu kejang. Magnesium, vitamin E, serta suplemen nutrisi lainnya, telah diidentifikasi untuk mengobati epilepsi. Orang yang mengonsumsi obat anti-epilepsi seringkali disarankan untuk mengonsumsi pula suplemen vitamin D untuk menjaga sistem tubuh agar tetap seimbang.

    Seiring dengan konsumsi vitamin B6, magnesium, dan vitamin E, telah terbukti membantu mengobati epilepsi. Tiamin juga dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir pada penderita epilepsi.

    -      Relaksasi

    Ada banyak praktik yang dapat diikuti penderita epilepsi untuk membantu agar merasa lebih tenang, seperti mengendurkan otot, tidur lebih nyenyak, dan menikmati kondisi pikiran yang lebih baik.

    Beberapa minyak esensial yang digunakan dalam aromaterapi, seperti lavender, chamomile, melati telah terbukti efektif dalam mencegah kejang ketika digunakan dengan teknik relaksasi. 

     

    ·       Tingkat Kesembuhan Epilepsi dengan Tindakan Lesionektomi

    Lesionektomi untuk lesi di lobus temporal menawarkan hasil terbaik, menunjukkan peningkatan signifikan pada lebih dari 80 persen orang yang menjalani operasi ini. Banyak dari orang-orang itu tidak lagi mengalami kejang setelah menjalani prosedur lesionektomi.

    Berapa banyak lesi yang dikeluarkan merupakan faktor lain dalam menentukan seberapa sukses operasi. Orang yang hanya memiliki bagian lesi yang dihapus tidak melihat manfaat besar dalam pengurangan kejang seperti mereka yang kehilangan seluruh lesi.

    ***

    Untuk orang dengan epilepsi yang disebabkan oleh lesi, lesionektomi mungkin merupakan salah satu pilihan pengobatan terbaik dibandingkan dengan pengobatan alternatif. Jika dokter mengatakan operasi dapat dilakukan dengan aman, maka tindakan medis ini menawarkan risiko kecil dengan hasil yang berpotensi besar.


    votre commentaire
  • Tips Memilih Baju Hamil Kerja Yang Tepat

    Apabila Anda khawatir tentang bagaimana berpakaian ke kantor saat hamil, Anda tidak sendiri. Menemukan baju hamil kerja yang cocok saat perut terus bertambah besar dapat menjadi tantangan tersendiri. Pada 3 bulan pertama kehamilan, Anda mungkin masih bisa memakai baju biasa yang sehari-hari sering Anda pakai. Pada trimester kedua, tubuh mungkin akan terlalu besar untuk pakaian biasa, namun tidak cukup besar untuk membutuhkan pakaian kehamilan. Beberapa tips untuk mengakomodasi pertumbuhan perut namun Anda belum membutuhkan pakaian kehamilan adalah dengan memakai celana atau baju yang elastis di bagian pinggang dan perut. Pakaian yang elastis tersebut dapat memberikan ruang untuk bernapas. Anda bisa juga memakai celana “low rise” yang pas berada di bawah perut.

    Saat kehamilan sudah tidak lagi dapat ditutupi, Anda bisa memulai memakai baju hamil kerja yang cocok untuk Anda. Tidak perlu membeli banyak baju kehamilan. 6 jenis pakaian seperti celana panjang, rok, jaket, dress, dan dua jenis atasan sudah lebih dari cukup untuk dipakai selama 5 hari bekerja di kantor saat hamil. Dalam memilih pakaian-pakaian tersebut, Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

    ·       Belanja online penting terutama apabila Anda hamil tua

    Anda sudah cukup repot dengan perut yang semakin membesar. Tentunya, Anda tidak ingin meluangkan waktu dan tenaga untuk pergi ke mall atau pasar guna menemukan baju hamil kerja yang sesuai. Belanja online dapat menjadi alternatif yang lebih nyaman, dan terkadang lebih murah. Ada banyak e-commerce saat ini yang khusus menyediakan baju dan perlengkapan untuk ibu hamil dan bayi. Tips penting saat belanja online adalah jangan melepas “tags” hingga Anda benar-benar yakin pakaian tersebut pas, terutama saat nanti perut tumbuh. Apabila pakaian dirasa tidak pas, Anda masih bisa mengembalikannya dan menggantinya dengan ukuran yang lebih sesuai.

    ·       Jangan takut akan warna dan garis

    Ide bahwa garis-garis horizontal akan membuat Anda tampak lebih merupakan anggapan yang tidak ada benarnya. Memakai pakaian bergaris dapat menjadi efektif untuk memberikan tampilan datar yang akan membuat Anda merasa nyaman. Kehamilan dapat menjadi momen yang menyenangkan dan melelahkan, untuk itulah kepercayaan diri bahwa Anda tampil tampak terbaik dapat membuat Anda merasa nyaman saat harus bekerja di kantor dan bertemu banyak orang. Anda juga bisa mencoba memakai rok atau blus dengan satu garis untuk menonjolkan lekukan tubuh dan untuk memindahkan pandangan orang dari perut yang membesar.

    ·       Pilihlah pakaian yang lentur dan fleksibel

    Hal penting lain dalam memilih baju hamil kerja adalah memilih pakaian dengan bahan yang lentur. Pakaian yang dapat meregang seperti jersey akan memberikan fleksibilitas lebih dan kenyamanan yang optimal. Yang terpenting saat bekerja saat hamil adalah kenyamanan. Saat berada di kantor, Anda diharapkan untuk dapat bekerja dengan maksimal, tidak peduli apakah Anda sedang hamil atau tidak. Anda mungkin memang ingin tampil trendi dan stylish, namun Anda juga harus merasa nyaman. Jangan merasa bersalah apabila akhirnya Anda harus menanggalkan rok pensil dan beralih memakai celana kehamilan yang lentur, atau menanggalkan sepatu berhak tinggi dengan menggantinya dengan sepatu datar yang memberikan keseimbangan dan dukungan lebih.

    Jangan biarkan baju hamil kerja menjadi hambatan Anda untuk menikmati masa-masa kehamilan dan mengganggu produktivitas di kantor. Kenyamanan merupakan faktor yang paling penting untuk terus diperhatikan saat Anda hamil.


    votre commentaire
  • Osteofit merupakan kondisi munculnya benjolan tulang yang tumbuh di sekitar sendi atau tulang. Biasanya, kondisi seperti ini muncul di samping sendi yang mengalami osteoartritis atau gangguan nyeri dan kaku sendi. Benjolan ini bisa tumbuh pada tulang mana pun, tetapi area yang lebih sering ditemukan terdapat osteofit antara lain tulang belakang, leher, bahu, lutut, punggung bawah, jari tangan atau jempol kaki, serta kaki atau tumit.

    Osteofit muncul sebagai bentuk dari respon tubuh dalam menghadapi gangguan yang muncul di sekitar sendi. Jika seseorang mengalami osteoarthritis, maka ia akan mengalami osteofit, yaitu kondisi ketika tulang rawan di sekitar sendi secara perlahan terkikis. Tulang rawan adalah jaringan elastis yang melapisi tulang dan memungkinkan sendi untuk bisa bergerak dengan mudah. Saat tulang rawan terkikis, maka endapan kalsium yang merupakan materi pembentuk tulang akan terbentuk secara bertahap sebagai respon tubuh terhadap tulang rawan yang rusak.

    Penyebab dari osteofit dipastikan sama dengan osteoarthritis. Nah, beberapa kebiasaan berikut ini diduga menyebabkan seseorang mengalami kondisi ini: Makan banyak tanpa diiringi olahraga. Jika kamu kerap kali melakukan kebiasaan makan makanan tidak sehat, berlemak, dan tidak diimbangi olahraga maka dapat mengakibatkan obesitas. Kondisi kegemukan dapat menyebabkan osteofit. Berat badan yang berlebih membuat sendi mendapatkan beban lebih dari kemampuannya sehingga tulang rawan pada area sendi akan terkikis. Aktivitas berulang.

    Aktivitas yang berulang-ulang memberi beban berlebihan pada salah satu sendi, sehingga tulang rawan dapat terkikis dan muncul gangguan ini. Olahraga berat. Sama halnya dengan aktivitas berulang, olahraga dengan intensitas tinggi juga meningkatkan beban pada sendi. Selain itu, intensitas tinggi dapat menyebabkan iritasi dan luka pada tulang. Berdiri atau duduk dengan posisi asal-asalan.

    Kebiasaan ini dilakukan oleh pekerja kantoran yang kerap kali dipaksa duduk dengan posisi yang sama selama berjam-jam. Cara untuk menghindari osteofit adalah duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang benar. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kekuatan punggung dan menjaga agar tulang belakang tetap lurus.

    Kurang konsumsi makanan dan minuman yang tidak mengandung kalsium atau vitamin D. Akibat kekurangan dua nutrisi penting ini, maka kesehatan tulang bisa terganggu sehingga beban tulang menjadi semakin berat. Pastikan untuk memasukan dua nutrisi penting ini ke dalam makanan harianmu. Kurang minum air putih. Minum banyak air putih adalah salah satu cara untuk menjaga cakram tulang belakang dan persendian tetap sehat.

     

     

    Pengobatan Osteofit

    Terdapat beberapa metode pengobatan yang bisa digunakan untuk menangani osteofit, caranya antara lain:

    Fisioterapi

    Latihan fisik bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot dan pergerakan bagian tubuh di sekitar sendi. Terapi ini meliputi latihan peregangan otot, pemijatan, dan penggunaan kompres es untuk meredakan pembengkakan.

    Obat

    Pengidap penyakit ini dapat diberikan beberapa jenis obat seperti parasetamol, ibuprofen, naproxen untuk meredakan peradangan. Suntikan kortikosteroid bisa digunakan untuk disuntikkan langsung ke dalam sendi yang bermasalah.

    Operasi

    Jika osteofit sudah menekan saraf dan menyebabkan nyeri hebat, maka dokter menyarankan untuk melakukan operasi. Langkah pengobatan ini digunakan untuk mengobati osteofit yang berdampak pada pinggang, lutut, atau persendian di bagian bawah ibu jari. Demikianlah penyebab osteofit yang perlu diketahui. Dengan mengetahuinya kamu bisa lebih paham dan tahu cara mengatasinya dengan lebih cepat dan lebih baik. Namun, sebelum mulai mendiagnosis diri sendiri, lebih baik segera konsultasi dengan ahlinya atau dokter yang memilki keahlian tersebut guna menghindari kesalahan dalam pengobatannya.


    votre commentaire